Unduh Buku Evaluasi Berorientasi Higher Order Thinking Skills
⇉ Download Unduh Buku Evaluasi Berorientasi Higher Order Thinking Skills Now! ⇇
Unduh Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills
Tujuan Buku pegangan ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1. Memberikan teladan kepada guru dalam membuatkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2. Memberikan teladan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
3. Memberikan teladan pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.
Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik. Penilaian berguru penerima didik dilakukan oleh pendidik yang mencakup aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh isu deskriptif mengenai sikap penerima didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan penerima didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan penerima didik menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu. Penilaian hasil berguru oleh pendidik i n i bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru penerima didik secara berkesinambungan.
Unduh Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills
Penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan penerima didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional, sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil berguru dibutuhkan sanggup membantu penerima didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), sebab berpikir tingkat tinggi sanggup mendorong penerima didik untuk berpikir secara luas dan mendalam wacana bahan pelajaran.
Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melaksanakan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan penerima didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.
Untuk lebih lengkapny, pribadi saja Unduh Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills dengan klik Link di bawah ini.
Semoga file Unduh Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills ini bermanfaat untuk guru, kepala sekolah serta pengawah dalam melaksanakan penilaian terhadap kemajuan akademik warga sekolah pada umumnya.
≫Download Unduh Buku Evaluasi Berorientasi Higher Order Thinking Skills≪