Soal Try Out Smp Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

Download Soal Try Out Smp Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban Now!

Soal Try Out Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

Try Out yakni acara untuk mempersiapkan menjelang diadakannya UN/US, dimana dalam pelaksanaannya sebelum UN/US. adapun tujuan diadakannya Try Out yakni untuk melatih para siswa dalam mengisi lembar jawaban, menyerupai mengisi identitas dengan benar dan yang utamanya yakni memahami atau mengetahui citra untuk soal UN nanti.

Berikut pola soal Try Out Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia:

Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 20 s.d.22! 20.

 Kupu-Kupu Berhati Mulia 

Di suatu hutan ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat senang alasannya sanggup berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang buruk dan tidak sanggup pergi ke mana-mana “Hei, kepompong alangkah buruk nasibmu. Kamu hanya sanggup menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu kalau ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan dirinya yang sanggup pergi ke daerah ia suka. Bahkan, sang semut berpengaruh mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya yakni hewan yang paling hebat. Si kepompong hanya membisu saja mendengar olok-olokan tersebut. 

Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin menciptakan semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir karam dalam genangan lumpur itu. 

Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!” Untunglah ketika itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupukupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti saya akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang dekat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di daerah yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu alasannya kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai hewan yang andal dan terpuji. Mendengar kebanggaan itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku yakni kepompong yang pernah kamu ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa beliau tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

20. Komentar yang sempurna terhadap isi fabel tersebut yakni ... 
A. Cerita kurang menarik alasannya berisi hal-hal yang tidak sanggup diterima oleh logika sehat pembaca. 
B. Isi kisah cantik alasannya mengajarkan kepada pembaca biar jangan sombong dan tidak balas dendam. 
C. Isi kisah tersebut cukup bagus, tetapi sayang sekali pesan moralnya tidak terang untuk dimengerti oleh pembaca. 
D. Isi kisah cantik meskipun dalam kehidupan sehari-hari pesan moral dalam kisah tersebut sulit untuk dijalankan. 

 21. Komentar yang sempurna terhadap pola pengembangan kutipan fabel tersebut adalah... 
A. Pola pengembangan fabel tersebut dimulai dengan memunculkan duduk kasus yang harus diselesaikan oleh tokoh semut. 
B. Pola pengembangan kisah tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi alasannya di dalam kutipan fabel dimunculkan lokasi kisah yaitu di suatu hutan. 
C. Pola pengembangan kisah tersebut dimulai dengan mengidentifikasi garis besar kisah alasannya dengan membaca kutipan fabel tersebut pembaca sanggup mengetahui garis besar ceritanya. 
D. Pola pengembangan kisah tersebut dimulai dengan mengisyaratkan ketegangan (bahaya) alasannya di dalam kutipan fabel tersebut tokoh menghadapi hal yang membahayakan. 

22. Komentar yang sempurna terhadap penggunaan bahasa kutipan fabel tersebut adalah... 
A. Banyak memakai kata-kata yang bermakna kiasan sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami isi kisah tersebut. 
B. Bahasa yang dipakai dalam fabel tersebut yakni bahasa sehari-hari sehingga pembaca gampang dalam memahami isi fabel tersebut. C. Kalimat yang dipakai dalam fabel memakai kalimat yang panjangpanjang sehingga membosankan pembaca. 
D. Fabel tersebut banyak memakai ungkapan dan peribahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca.

Untuk lebih lengkapnya, eksklusif saja download file soal try out Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia di bawah ini.




Semoga file yang kami bagiikan ini bermanfaat buat ibu/bapak untuk membimbing dan melatih siswanya untuk menghadapi acara Try Out.

Download Soal Try Out Smp Bahasa Indonesia Beserta Kunci Jawaban

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel