Cara Jitu Bisnis Online Shop Untuk Pemula Dari Nol

Download Cara Jitu Bisnis Online Shop Untuk Pemula Dari Nol Now!

APA ITU ONLINE SHOP?

Online Shop atau Toko Online ialah media yang mempermudah masyarakat untuk melaksanakan jual-beli barang tanpa harus bertemu atau bertatap muka secara eksklusif alasannya semua dilakukan secara online atau hanya dengan memakai internet.


MENGAPA HARUS ONLINE SHOP?

Tentu saja untuk mengikuti perkembangan jaman, penggunaan online shop akan memperlihatkan banyak kelebihan dibandingkan sistem jualan offline.

Baca Juga


Bagi pembeli di antaranya:

  1. Lebih efisien
  2. Lebih praktis
  3. Lebih cepat
  4. Hemat ongkos, waktu dan tenaga
  5. Banyak pilihan
  6. Semua bisa dilakukan hanya dengan memakai internet


Bagi penjual di antaranya:

  1. Tidak butuh modal yang terlalu besar
  2. Pasar lebih luas
  3. Biaya operasional lebih murah
  4. Mudah melaksanakan promosi
  5. Waktu kerja tidak terbatas


APAKAH TIDAK ADA KEKURANGAN DARI ONLINE SHOP?

Di balik semua laba yang bisa dihasilkan kalau Anda memakai online shop, ada juga kerugian yang mungkin akan dialami nantinya

Bagi pembeli di antaranya:

  1. Barang tidak terlihat langsung
  2. Gambar dengan barang orisinil terkadang berbeda
  3. Ongkos kirim mahal
  4. Resiko Penipuan
  5. Hanya bisa menggunaan sistem pembayaran tertentu
  6. Terkadang orang bisa menjadi boros alasannya belanja online


Bagi penjual di antaranya:

  1. Produk rusak dikala dikirim
  2. Resiko penipuan terencana
  3. Susah mendapat kepercayaan konsumen


SAYA SUDAH PUNYA TOKO SENDIRI, HARUSKAH SAYA MEMBUAT ONLINE SHOP?

Tentu saja. Anda harus bisa mengikuti perkembangan jaman kini ini di mana semua orang sudah memakai internet dalam kehidupannya termasuk dalam urusan jual-beli barang. Gunakan online shop sebagai media tambahan untuk berjualan sekaligus media promosi dan media untuk lebih akrab dengan konsumen.

BAGAIMANA SAYA MENJUAL PRODUK SAYA SECARA ONLINE?

Secara umum bisnis online shop di Indonesia dibedakan menjadi beberapa bab sesuai dengan model bisnisnya. Ada jenis bisnis Online Shop Classifieds (Daftar Iklan Baris), Marketplace C2C (Customer to Customer), Shopping Mall, B2C (Bussines to Customer), Bisnis Melalui Media Sosial & Bisnis Online to Offline.

APA PERBEDAAN MASING-MASING SISTEM ONLINE SHOP?

Masing-masing jenis sistem bisnis online shop ini mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Berikut klarifikasi untuk masing-masing sistem bisnis online shop yang ada dikala ini :

1. Online Shop Classifieds (Daftar Iklan Baris)

Online shop pertama di Indonesia meng-gunakan bentuk bisnis online yang sederhana menyerupai iklan baris atau biasa disebut dengan classifieds. Bentuk bisnis ini tidak melibatkan secara eksklusif penyedia jasa ecommercenya. Makara dikala transaksi jual beli yang terlibat hanya penjual dan pembeli sedangkan jasa penyedia ecommerce tidak. Ciri-cirinya yaitu penyedia jasa juga tidak ikut memfasilitasi transaksi jual beli. Makara antara penjual dan pembeli memang bertransaksi di luar.

Kaskus dilahirkan oleh tiga perjaka asal Indonesia tujuh kemudian oleh Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. Selain Kaskus, online shop yang memakai model bisnis ini ialah OLX yakni sebuah online shop adonan antara berniaga.com dengan tokobagus.com.

Sebagai pebisnis pemula Anda bisa memulai online jenis ini dikala ini banyak iklan baris yang gratis di beberapa online shop. Sepertinya cocok bagi pebisnis pemula yang belum mempunyai modal yang besar.

2. Marketplace C2C (Customer to Customer)

Berbeda dengan sistem Classifields, online shop dengan model bisnis C2C, para penyedia jasanya menyedia akomodasi contohnya sebagai metode promosi barang dagangannya. Selain itu penyedia jasa ini juga memperlihatkan layanan dari metode pembayaran dari transaksi yang eksklusif dilakukan.

Dalam bisnis online shop ini terdapat escrow atau perjanjian legal, di mana sebuah barang (umumnya berupa uang, namun bisa juga benda apapun lainnya) disimpan seorang pihak ketiga (yang dinamakan distributor escrow) sementara menunggu isi kontrak dipenuhi. Escrow lebih dikenal dengan nama rekber atau rekening bersama.

Setelah terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli. Maka pembeli akan mentransfer uang ke escrow. Kemudian si penjual si penjual akan mengirim barang pesanan pembeli. Sedangkan si penyedia jasa akan mendapat laba dari sistem iklan premium dan juga adanya komisi dari jasa escrow. Dan bagi Anda yang sudah mempunyai barang dalam jumlah banyak bisa mencoba menjadi penjual dalam bentuk bisnis online shop yang satu ini. Contoh Online Shop yang sukses dengan metode jual beli ini ialah Tokopedia dan Bukalapak.

3. Shopping Mall

Hampir  sama  dengan  online  shop marketplace  C2C  dan  iklan  baris, bedanya  yang  bisa berjualan  di shopping   mall   hanyalah   brand-brand yang terkenal. Makara shopping mall hanya  memfasilitasi  jual  beli produk  dengan  brand  terkenal baik  nasional  maupun internasional. Contoh online shop yang memakai model bisnis ini ialah Blibli.

4. B2C (Business to Consumer)

Online shop yang mempunyai alamat website sendiri kemudia menjual produknya eksklusif kepada konsumen. Model bisnis ini mendapat profit dari penjualan produknya. Misalnya Lazada, Bhineka, BerryBenka, Bilna dan Tiket. Anda bisa juga menirunya dengan menciptakan alamat website sendiri apalagi dikala ini telah didukung oleh pemerintah dengan adanya 1000 domain id gratis untuk para UKM atau pebisnis. Anda bisa mendaftarkannya kemudian berjualan lewat situs online shop Anda.

5. Berbasis Media Sosial

Berbeda dengan online shop lain yang memang mempunyai alamat websites sendiri, model bisnis yang satu ini hanya memanfaatkan media umum sebagai sarana penjualan. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Bagi Anda yang tak mempunyai banyak modal namun memliki banyak mitra di dunia maya, Anda bisa memanfaatkan bisnis online shop tersebut.

6. Bisnis Model Online to Offline

Pembeli bisa memesan barang secara online melalui website yang dimiliki oleh perusahaan yang menjalan sistem ini kemudian melaksanakan pembayaran melalui transfer uang atau membayar eksklusif di outlet terdekat. Jika sudah hingga tahap konfirmasi maka barang bisa eksklusif diambil di outlet terdekat. Saat ini teladan yang memakai metode ini gres Matahari Mall.

BAGAIMANA AGAR BISNIS ONLINE SHOP SAYA BISA BERJALAN DENGAN BAIK?

Bila Anda sudah memilih perjuangan online yang sesuai dengan kemampuan dan cita-cita Anda, selanjutnya kiprah Anda ialah mengelola perjuangan tersebut supaya berkembang. Masih gundah bagaimana caranya? Tenang kali ini kami akan membahas mengenai cara-cara jitu untuk yang bisa diterapkan oleh Anda untuk menyebarkan bisnis online.


Tips Jitu Mengembangkan Usaha Online Shop

1. Tentukan Platform Yang Ingin Anda Gunakan

Semakin berkembangnya teknologi sudah banyak tersedia platform yang bisa Anda gunakan untuk perjuangan menyerupai media social facebook, twitter, bahkan aplikasi masanger juga bisa dijadikan daerah untuk memulai usaha. Kebanyakan pengusaha lebih cocok memakai media social facebook sebagai daerah pemasaran dan promosi, hal ini tidak heran alasannya penggunanya sendiri cukup banyak, namun tidak menutup kemungkinan media lainnya tidak bisa dijadikan daerah untuk berjualan ya.

2. Buatlah Website Resmi Online Shop Anda

Selain pemasaran melalui social media, website juga bisa Anda jadikan pilihan. Semakin banyaknya online shop gadungan menciptakan konsumen selalu memilah-milih online shop. Nah dengan menciptakan website merupakan salah satu caranya. Selain itu desain website juga diharapkan supaya konsumen lebih nyaman melaksanakan pembelian hanya dari laman web online shop Anda.

3. Promosikan Ke Teman

Lakukan promosi secara eksklusif ke temen-teman atau orang lain yang Anda kenal. Berikan gosip berupa alamat website dan media social online shop milik Anda. Metode promosi ini bisa jadi sangat efektif bila Anda sering melakukannya.

4. Iklan Berbayar

Jika memakai promosi lewat verbal ke verbal kurang membuahkan hasil maka jalan lainnya ialah memasang iklan berbayar, bisa di website yang sering dikunjungi menyerupai memakai Google Adwords atau di media social dengan memakai Facebook Ads. Hal ini memang membutuhkan biaya lagi namun tidak ada salahnya demi menyebarkan usaha.

6. Buat Konten Yang Sesuai Dengan Usaha

Dengan memulai peluang perjuangan online konten yang diposting oleh Anda pun harus sesuai dengan bidang perjuangan online shop. Hal ini supaya konsumen sanggup dengan gampang menemukan barang yang akan mereka beli.

7. Gunakan Jasa SEO

Tujuan SEO ialah untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di serch engine menyerupai Google dan Yahoo. Hal ini ialah cara gampang supaya website Anda akan dengan gampang ditemukan oleh konsumen.

8. Pahami Teknik Pengambilan Foto Produk

Langkah selanjutnya ialah Anda harus mengetahui cara pengambilan foto supaya konsumen tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Jika perjuangan online shop Anda menjual produk menyerupai baju atau aksesoris gunakan model supaya produk lebih menjual. Selain itu, resolusi gambar juga perlu diperhatikan. Jangan hingga Anda memakai gambar dengan resolusi yang sangat kecil sehingga konsumen tidak bisa melihat detail produk.

9. Bila Tidak Terjual Lakukan Teknik Efek Primacy

Di mana teknik imbas primacy ini biasa diterapkan oleh peng-usaha retail. Di mana imbas primacy me-rupakan sikap yang sanggup mempengaruhi otak konsumen yang cenderung meng-hakimi apa yang mereka lihat pertama

ialah yang terbaik. Atau secara sederhanannya ialah konsumen lebih cepat mengingat apa yang mereka lihat dan alami pertama. Berarti dalam hal menjual barang yang kurang laris Anda bisa posisikan barang tersebut pada halaman pertama pada website Anda.

10. Berikan Diskon

Selain memposisikan barang yang kurang laris pada bab depan halaman website Anda juga bisa memperlihatkan diskon supaya produk itu terjual. Namun perlu diperhitungkan terlebih dahulu jangan hingga laba Anda terpotong akhir proteksi diskon yang asal-asalan.

11. Menulis Deksripsi Untuk Memicu Konsumen

Untuk menulis judul atau deskripsi produk gunakan lah kata atau kalimat yang persuasif sehingga menciptakan konsumen merasa penasaran. Misalnya Anda menjual produk lap kanebo, nah Anda bisa buat judul produk “Lap Kanebo Daya Serap Tinggi”.

12. Jangan Spamming

Bayangkan saja bila Anda menjadi konsumen, misalkan ada salah satu online shop yang selalu memposting produknya pada waktu yang sama, apakah Anda tidak kesal alasannya postingannya memenuhi feed media umum Anda? Nah untuk itu dikala mem-promosikan produk lewat media umum gunakan pengaturan waktu misalkan 4 jam sekali atau Anda bisa tentukan jamnya contohnya posting 1 kali pada jam 9 pagi, 12 siang dan 5 sore.

Download Cara Jitu Bisnis Online Shop Untuk Pemula Dari Nol

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel